2 Manfaat Mengelola Keuangan UMKM ala Bang Rendhika

Assalamualaikum..

Bang Rendhika akan sharing tentang Manfaat Mengelola Keuangan UMKM..

Salah satu fungsi pengelolaan keuangan adalah perencanaan, perencanaan keuangan harus ada dan selalu dipegang oleh pelaku UMKM. Rencana keuangan pun tidak hanya berlaku saat akan mendirikan UMKM, tetapi rencana keuangan harus diterapkan juga dalam pengembangan usaha.



Pertama..

Mengetahui Kondisi Keuangan 
untuk pengendalian keuangan

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka pengendalian keuangan juga akan jelas. Untuk apa saja dana modal dikeluarkan, dan untuk apa keuntungan usaha.


Kedua..

Bahan Evaluasi


Anda juga harus memiliki pencatatan jumlah transaksi yang jelas dan benar untuk bahan evaluasi. Pencatatan transaksi harus dicatat setiap transaksi harian. Tanpa adanya catatan transaksi, maka sangat sulit Anda mengetahui berapa jumlah transaksi yang terjadi dalam satu hari. 


Inilah 2 Manfaat dari Bang Rendhika agar usaha yang kita jalankan tetap bertahan dan terus berkembang..


Sehingga Anda sebagai pelaku UMKM harus melakukan pencatatan-pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam usaha. Bahkan hingga hutang pun harus Anda catat, sebagian besar pelaku UMKM tidak pernah mencatatkan hutang yang mereka peroleh. 

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka Anda bisa mengelola sumber-sumber modal dengan baik dan seksama. Sehingga pengeluaran pun bisa dipantau dengan baik dan bisa jelas alirannya kemana.

Semoga kita menjadi pebisnis yang sukses..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram